Cara Mengatasi PC/Laptop Lemot atau Lambat

Cara Agar Laptop Tidak Lemot - Laptop Agan lemot alias sering loading (lola) ? Padahal cuma dipakai untuk pekerjaan ringan seperti menulis dokumen Word, Online, atau pekerjaan ringan lainnya ? Bila hal itu terjadi, Agan perlu mencari cara mempercepat kinerja laptop. Masak untuk pekerjaan ringan seperti itu sering Not Responding ? Gak banget deh. Kalau untuk game sih maklumlah gan. Berhubung game di PC/Laptop memang kebanyakan berat-berat. Apalagi kalau grafiknya bagus. PC/Laptop dengan spek yang minim seperti laptop Agan seperti laptop saya ini mungkin bisa mokad alias jebol hardware-nya. Bayaran dah.

cara mengatasi laptop lemot

Penyebab PC/Laptop lemot alias lambat itu beragam gan. Mulai dari terlalu banyaknya program aplikasi yang terinstal, adanya virus yang mengganggu, sistem registry yang bermasalah, dampak dari game yang berat, adanya driver yang bermasalah, banyaknya program yang berjalan, spek kurang mumpuni, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, dalam artikel mengatasi laptop lemot ini. Saya akan kupas segara lugas dan sejelas mungkin mungkin malah kata-kata yang saya rangkai yang kurang jelas. Hehehe. . . . Semua yang ada di blog ini adalah hasil dari pengalaman dan percobaan pribadi gan. Saya orangnya mah anti copas apalah-apalah itu. Hehehe. . .


Baca Juga >> Trik Mempercepat Internet

Marilah kita mulai. Saya akan bahas satu per satu penyebab pc/laptop lemot sekalian juga solusi terbaik yang dapat Agan coba. Baiklah kalau begitu. Silahkan disimak :


1. Banyaknya Program Aplikasi Yang Terinstal

Solusi : Uninstal program aplikasi yang jarang dipakai atau bisa dibilang yang kurang bermanfaat. Disarankan untuk tidak melakukan uninstall menggunakan Control Panel bawaan sistem operasi. Kenapa demikian ? Karena proses uninstall melalui Control Panel sering meninggalkan jejak atau sisa program aplikasi yang baru saja di-uninstall. Sehingga sisa-sisa proses uninstall tersebut akan menjadi sampah dan dapat menghambat kinerja sistem operasi maupun PC/Laptop itu sendiri. Lalu saya harus bagaimana dong Mas Otong ? Untuk proses uninstall program aplikasi, saya lebih menyarankan Agan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang dapat dipakai ialah aplikasi Revo Uninstaller. Setiap Agan melakukan proses uninstall menggunakan aplikasi ini, setelahnya Agan akan disuguhi sebuah fitur scanning yang berguna untuk mencari sisa-sisa hasil uninstaller aplikasi barusan secara menyeluruh baik di direktori maupun registry. Kemudian  Agan dapat menghapus sisa-sisanya menggunakan aplikasi ini. Dengan demikian, dapat dipastikan kalau proses uninstall berjalan sempurna dan bersih. Untuk sistem operasi Linux saya kurang tau aplikasi pihak ketiganya untuk ini. Silahkan coba tanya Mbah Google aja. Mungkin ada yang bahas. Hehehe. . .

Download Revo Uninstaller Pro 3.1.4 (Gratis)

2. Sistem Registry Yang Bermasalah
Solusi : Download dan Instal Aplikasi CCleaner. Aplikasi ini ada fitur scanning dan repairing registry yang bermasalah. Aplikasi ini mudah dipahami kok gan. Setelah Agan meng-install aplikasi ini dan membukanya, saya yakin Agan langsung paham cara melakukan scanning dan repairing registry menggunakan CCleaner kok.

cara mengatasi laptop lemot


Download CCleaner 5.08.5308 (Gratis)

3. Adanya Virus Komputer Yang Mengganggu
Solusi : Lakukan update dan scanning virus menggunakan Antivirus Andalan Agan secara rutin. Disarankan untuk melakukan scanning setiap saat alias mengaktifkan fitur Real-Time Protection. Untuk update, disarankan melakukan update Antivirus setiap 3 hari sekali baik secara online maupun offline. Dengan melakukan hal tersebut, Antivirus Andalan Agan tidak akan mengecewakan kok.

Baca Juga >> Mengatasi Browser Firefox/Chrome Lambat (Not Responding)

4. Dampak Dari Game Yang Berat
Solusi : Pilihlah game yang sesuai dengan spesifikasi PC/Laptop Agan. Jangan sampai PC/Laptop masuk sebagai kriteria Minimum Requirements apalagi melebihinya. Contohnya : PC/Laptop Agan Pentium 4 RAM 1 GB, nekat nginstall GTA Terbaru kan Wow. . . !!! Kalau gak Not Responding ya jebluk dah PC/Laptop Agan. Intinya sesuaikan spek dengan gamenya. Kalau game ringan ya main Spider Solitaire aja pasti lancar.

Baca Juga >> Cara Mempercepat IDM (Internet Download Manager)

5. Adanya Driver Yang Bermasalah
Solusi : Cek Device Manager pada PC/Laptop Agan. Caranya : Klik Start > Ketikan device manager. Klik dah. Bila ada yang bermasalah, lakukan instal ulang driver tersebut.

cara mengatasi laptop lemot

6. Banyaknya Aplikasi Yang Sedang Berjalan
Solusi : Kurangi aplikasi yang sedang berjalan. Minimalkan menggunakan aplikasi berat secara bersamaan. Contohnya online pakai Google Chrome sambil ngedit foto pakai Adobe Photoshop dan sebagainya.

Baca Juga >> Cara Membuka Situs Yang Di Blokir (Terbaru)

7. Memakai Skin Pack atau Aplikasi Pemercantik Tampilan Lainnya
Solusi : Gunakan tema yang tidak terlalu banyak animasi atau widget-nya gan. Disarankan menggunakan tema bawaan sistem operasi yang ada saja. Cukup ganti wallpaper kalau bosan. Kayak saya. Hehehe. . . Memang menggunakan aplikasi pemercantik tampilan seperti Skin Pack, RainMeter, XWidget, Transformation Pack dan aplikasi lainnya itu memanglah sedap dipandang. Akan tetapi, aplikasi itu lumayan banyak makan ruang gan. Baik ruang penyimpanan Hard Disk maupun RAM. Sedap dipandang tapi kinerja PC/Laptop jadi lelet kan sama juga bohong. Iya kan ?

Baca Juga >> Cara Mengatasi IDM Fake Serial Number (Metode Baru)

8. Banyaknya Aplikasi Dalam Startup Sistem Operasi
Solusi : Kurangi juga gan aplikasi dalam startup sistem operasi. Saat PC/Laptop baru dinyalakan, sistem RAM-nya belum stabil. Dengan banyaknya aplikasi yang diatur mulai berjalan saat sistem operasi startup ini sungguh merugikan lo gan. Selain membuat lemot, hal itu juga dapat membuat crash atau kesalahan pada sistem operasi.

Mungkin itu saja dari saya. Dengan sedikit mengikuti mungkin banyak kali ya cara diatas. PC/Laptop Agan menjadi lebih optimal dan memuaskan tentunya. Bila ada yang kurang jelas, langsung saja ditanyakan gan. Demikian artikel Cara Mengatasi PC/Laptop Lemot atau Lambat dari saya. Semoga dapat bermanfaat untuk Agan. Hehehe. . . Terima kasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment