Mengatasi Browser Firefox/Chrome Lambat (Not Responding)

chrome not responding

Mengatasi Browser Firefox/Chrome Sering Not Responding - Agan termasuk pengguna aplikasi ini ? Saat ini browser Chrome maupun Firefox sangatlah populer. Hampir 90 % orang di dunia memakainya. Tidak hanya fokus pada pangsa pasar PC/Laptop, browser ini juga masuk pada pangsa mobile seperti Apple, Android dan Windows Phone. Berkembangan mereka memanglah sangat bagus.

Baca Juga : "Cara Mempercepat IDM (Internet Download Manager)"
Baca Juga : "Tips Menghemat Kuota Internet Ala Mas Otong"

Ada kalanya Agan memakai browser tersebut dan merasa kurang nyaman karena sering not responding, ngelag alias patah-patah, lambat alias lemot dan lain sebagainya. Sebenarnya masalah ini kebanyakan berasal dari kinerja sistem Agan kok. Bukan masalah browser-nya. Walau tidak menutup kemungkinan kalau masalah itu dari browser juga sih. Yang jelas, kita harus coba mengoptimalkan kinerja browser internet tersebut supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Bukankah itu lebih baik ? Hehehe. . .

Baca Juga : "Trik Mempercepat Internet (Part 3)"
Baca Juga : "Trik Mempercepat Buffering Streaming Online"

Tak usah banyak cingcong lagi. Berikut langkah-langkah mengoptimalkan kinerja chrome/firefox. Antara lain :

1. Jangan Membuka Tab Terlalu Banyak
Kalau Agan tahu, 1 tab itu memakan RAM sekitar 10 - 150 MB. Itu tergolong besar lo gan. Sebagai contohnya gambar di bawah ini gan. Disini saya membuka 7 tab secara bersamaan. Dan apa yang terjadi, RAM yang terpakai mencapai 1,49 GB. Padahal RAM saya cuma 2 GB. Sebentar lagi kalau menyentuh 1,6 GB pasti sering ngelag. Ya memang begitu, semua browser memang banyak makan RAM. Jadi, minimalkan membuka tab banyak saat browsing. Semakin sedikit tab yang terbuka, semakin minim pemakaian RAM-nya.



2. Hapus Cache Secara Rutin
Kenapa ini perlu ? Cache memang berguna untuk mempercepat loading suatu situs yang sering kita buka. Tapi, kalau cache terlalu banyak alias berjibun ini malah merugikan lo gan. Cache yang terlalu banyak akan membuat browser menjadi berat sehingga sering not responding. Tidak hanya itu, penumpukan cache juga berdampak pada memori Hard Disk. Bukan dampak yang berbahaya kok gan. Cuma dampak terpotongnya jumlah space kosong pada Hard Disk. Hehehe. . . Saya menyarankan untuk membersihkan cache setiap 3 hari sekali. Semakin sering semakin bagus sih. Kalau perlu, Agan bisa gunakan browser internet dalam mode private. Pada mode private, cache, history dan lainnya tidak tersimpan alias langsung terhapus saat browser tersebut ditutup. Silahkan tentukan sendiri pilihan Agan

3. Minimalkan Membuka Aplikasi Lain Selain Browser Yang Sedang Digunakan
Aplikasi lain yang tergolong berat seperti Windows Media Player, KMPlayer, GOM Player, Adobe Photoshop, Adobe Premier, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau bisa membuka aplikasi berat itu setelah menutup browser internet Agan. Tujuannya ya supaya pada saat browsing, RAM yang terpakai lebih difokuskan pada browser. Sehingga kinerjanya pun maksimal. Ini hanya saran lo gan.

4. Kurangi Plugin atau Add-Ons Yang Terinstal
Memanglah Plugin atau Add-Ons sangat berguna untuk meningkatkan kinerja suatu browser. Kalau terlalu banyak, bukannya meningkatkan kinerja tetapi malah menurunkan kinerja. Jadi, instal Plugin atau Add-Ons yang dirasa penting dan sering dipakai saja. Kalau plugin jarang terpakai atau kurang penting lebih baik dihapus saja untuk meningkatkan performa browser secara maksimal.

Itu saja dari saya. Bila ada kurang lebih saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Demikian dan terima kasih. . .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment