Tips Menghemat Kuota Internet Ala Mas Otong


Cara Menghemat Kuota Internet Ala Mas Otong - Dalam dunia paketan internet, pasti Agan tidak asing lagi dengan namanya Kuota. Apa sih Kuota itu ? Kuota adalah batas akses apa pun yang akan otomatis berhenti bila Agan telah melebihi batas tersebut. Begitulah sedikit gambaran dari saya. Hehehe. . . Jangan sampai gagal paham lho ya.


Kebanyakan internet di Indonesia berbasis Kuota. Untuk jenis Time-Based seperti Warnet sudah ditinggalkan. Dan untuk yang jenis Unlimited hanya sebagian saja. Apalagi yang unlimited dari operator Indonesia menurut saya tidak ada yang memuaskan. Malah menurut saya sangat mengecewakan. Mengapa demikian ? Walaupun katanya Unlimited, ternyata ada FUP alias batas akses bandwidth internet. Kalau sudah melewati FUP, kecepatan internet akan diturunkan oleh operator. Ini menyebabkan akses internet sangat lola macam keong. Buka Google saja loading minta ampun DJ. Yah begitulah Indonesia. Internet yang terbilang mahal tapi kurang memuaskan. Berbanding terbalik dengan negara maju. Sebagai contohnya negara Jepang. Di negara Jepang, paket internet disana tergolong murah dibandingkan Indonesia. Ditambah kecepatan internet yang sangat memuaskan. Ini dapat dilihat dari Ranking Internet Jepang saat ini yang menduduki urutan ke-2 sebagai negara dengan akses internet tercepat. Tepat satu ranking dibawah negara Korea Selatan. Keren dah

Sudah cukup basa-basinya. Berikut "Tips Menghemat Kuota Internet Ala Mas Otong" :

1. Menggunakan User-Agent yang hemat kuota (Untuk PC)
Apa User-Agent yang hemat kuota ? User-Agent yang hemat kuota itu seperti Firefox on Android Mobile atau Chrome on Android Mobile. Cari Add-Ons tersebut di Web Store masing-masing pasti ada kok. Ketikan "user agent" di kotak pencari agar Add-Ons lebih cepat ketemu. Kalau Agan bingung alias gagal paham, silahkan tanyakan disini. Dengan teknik ini, Agan bisa hemat kuota hingga 25 %


2. Minimalkan streaming online, baik streaming musik maupun video
Streaming itu paling boros sama kuota gan. Jadi, dengan meminimalisir streaming sangat berguna untuk menghemat kuota. Disarankan untuk download musik atau video tersebut lalu dimainkan secara offline. Ini malah lebih menghemat kuota lho gan. Coba deh kalau gak percaya. Hehehe. . .

3. Kurangi download atau upload file besar
Namanya juga pakai kuota gan. Kalau Agan pakai untuk download atau upload file besar kan mempercepat habisnya kuota. Topiknya kan menghemat gan. Kalau Agan suka download, pakai paket malam seperti Kenyang Download, Mignight atau sejenisnya. Berhubung pada jam malam, harga paket internet tergolong murah-murah dan tentunya banyak kuotanya. Tapi, sayangnya Agan harus ngalong alias melek malam. Kalau kata Bang Haji Rhoma Irama disebut Begadang. Kalau saya biasanya download lewat IDM terus diatur jadwalnya. Kalau download sudah selesai, PC akan mati secara otomatis. Jadi, saat PC sedang download. Tinggal tidur deh. Nanti bangun-bangun semuanya sudah terdownload. Gitu kan enak. Hehehe. . .

4. Matikan koneksi saat tidak digunakan
Sebagai contohnya Agan mau tidur atau lagi repot jadi tidak memungkinkan untuk online seperti buka BBM, Facebook, Twitter atau lainnya. Alangkah lebih baiknya koneksi dimatikan dulu untuk sementara waktu. Selain untuk menghemat kuota itu juga dapat menghemat baterai gadget/PC Agan. Gimana ? Agan dapat keuntungan ganda tuh

5. Lihat statistik kuota yang telah terpakai dan berhenti bila telah terpotong banyak
Nah ini yang penting gan. Sadar diri kalau Agan lagi make kuota internet. Dengan begini Agan juga bisa sekalian belajar manajemen. Manajemen menentukan pengeluaran kuota dan menjadwal kuota untuk bisa cukup sampai semaksimal mungkin. Keren gan online sambil belajar manajemen. Hehehe. . .

TAMBAHAN :
Ini tips yang paling ampuh untuk hemat kuota gan. Agan pakai aja paket Unlimited. Bila melebihi FUP tetap bisa konek gan. Walaupun lemot nantinya. Kalau saya mah nimbrung Wifi tetangga. Gratis, Unlimited dan Cepat Insya Allah. Hahaha. . .



Semoga tips dari Mas Otong ini dapat berguna untuk Agan semuanya. Terima kasih. . .
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
19 November 2015 pukul 01.37 ×

Siip gan. Ane harus nemu nich, firefox for mobile.
Terimakasih

Congrats bro Hidup Adalah Perjuangan you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment