Cara Instal CWM Recovery Tanpa PC/Laptop

Cara Instal CWM Recovery Tanpa PC/Laptop - Bagi saya, CWM Recovery itu sangatlah penting untuk HP Android saya. Kenapa ? Karena dengan adanya CWM Recovery, kita dapat dengan mudah mudah menginstal Custom ROM, Flashing, Formating, Backup dan Restore maupun lainnya tanpa membutuhkan PC/Laptop lagi. Berhubung dulu untuk menginstal custom ROM, Flashing, Formating, Backup dan Restore maupun lainnya itu harus menggunakan PC/Laptop. Menurut saya ini tergolong ribet. Karena kita harus menyediakan kabel USB dan tentunya PC/Laptop. Tapi musti diingat, tidak semua orang yang punya HP Android itu punya PC/Laptop. Alhasil mereka pun mengalami kesulitan. Iya kan ? Hehehe. . .


Apa sih yang dimaksud CWM Recovery ? Baiklah. . . Akan saya bahas kalau begitu. CWM Recovery merupakan singkatan dari ClockWorkMod Recovery yang merupakan salah satu fitur Recovery Mode besutan pihak ketiga. Berhubung Recovery Mode bawaan dari Vendor HP Android sangatlah terbatas. Untuk itulah, CWM Recovery bak angin segar yang memaksimal fitur Recovery Mode. Dan CWM Recovery ini akan menggantikan Recovery Mode bawaan HP Android jika Agan telah menginstalnya. Proses penginstalannya tergolong mudah kok gan. Jadi, tenang saja ya. Hehehe. . .


Kalau fungsi utama CWM Recovery apa ya gan ? Fungsi utama dari menginstal CWM Recovery ada banyak gan. Diantaranya kita dapat menginstal Custom ROM, menambah tweak-tweak nan keren untuk android, mengoptimalkan RAM hingga menambah RAM. Dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya.


Tanpa berlama-lama. Lebih baik segera saya bahas saja. Baiklah. . . Berikut Cara Instal CWM Recovery Tanpa PC/Laptop untuk kali ini :

1. Download aplikasi ROM Manager APK terlebih dahulu bila Agan belum punya. Agan dapat mendownload aplikasi ROM Manager APK ini di salah satu server file berikut ini :

Download ROM Manager APK

2. Instal aplikasi ROM Manager APK yang baru saja di download. Proses instalasinya seperti aplikasi lainnya kok gan

3. Setelah proses menginstal ROM Manager APK selesai, langsung saja buka aplikasi tersebut. Kemudian pilih Recovery Setup yang ada di ROM Manager APK
Cara Instal CWM Recovery Tanpa PCLaptop
Cara Instal CWM Recovery Tanpa PCLaptop

4. Pada bagian Instal or update recovery, silahkan tap ClockWorkMod Recovery

5. Tunggu beberapa saat. Aplikasi ROM Manager APK akan mendeteksi HP Android yang Agan pakai. Pastikan bahwa informasi yang muncul itu merupakan model HP Android Agan

6. Langsung saja Tap ClockWorkMood Recovry untuk mulai melakukan proses download CWM dan mulai menginstal. Untuk itu, pastikan HP Android Agan terhubung dengan internet. Oh ya, pastikan juga ada kuotanya. Sama juga bohong kalau terhubung ke internet tapi gak ada kuotanya. Hehehe. . . File CWM Recovery yang di download gak terlalu besar kok gan. Hanya sekitar 7 sampai 8 Mb saja

7. Setelah proses instalasi CWM Recovery selesai, pastikan CWM telah terinstal dengan benar di HP Android Agan. Udah tau caranya belum ? Caranya ialah dengan kembali ke home (menu utama) aplikasi ROM Manager APK dan Tap Reboot Into Recovery. Alhasil, HP Android Agan akan melakukan restart dan masuk ke CWM Recovery. SELAMAT ! Hehehe. . .

Oh ya catatan penting dari saya nih :
Pastikan HP Android Agan sudah dalam keadaan Root sebelum melakukan penginstalan CWM Recovery. Kalau belum Rooted, proses instalasi CWM Recovery dapat dipastikan gagal. Oke !
Demikian artikel Cara Instal CWM Recovery Tanpa PC/Laptop dari saya. Maaf bila tidak saya sertakan gambar. Berhubung saat saya melakukan instalasi CWM Recovery tidak kepikiran melakukan screen shot. Jadi ya begitulah. Hehehe. . . Sekian untuk kali dan terima kasih. Salam. . .
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
20 Desember 2015 pukul 08.42 ×

kayaknya R.M ini gk suport di xpria neo v 4.0.4 kebawah, R.M nya bisa di intal tp recoverynya gk supor, mungkin ada penjelasanya knpa dan dr tpe andro apa,, atau R.M kangbro ini udah sport di smua andro

Reply
avatar
30 Desember 2015 pukul 22.07 ×

Maaf gan baru bales. Kalau memang tidak support, harus cari CWM yang sesuai dengan HH Agan. Di Forum tentang HP Agan biasanya ada :ng

Reply
avatar
Thanks for your comment