Simpan Dokumen Word Aman Dari Virus

Seiring perkembangan zaman, virus kini semakin berkembang dan tentunya semakin berbahaya. Virus tidak pandang bulu untuk menginfeksi file Agan. Termasuk file dokumen Word Agan. Untuk itu, Agan harus mengamankan file Word tersebut. Pasti bikin cemas kalau file yang terinfeksi virus itu adalah file penting Agan. Sebagai contoh file skripsi perkuliahan yang belum di print. Panik dah :-D

Mulai dari sekarang mari kita rubah format penyimpanan file Word Agan. Secara default, format file Word adalah doc atau docx. Asalkan Agan tahu, file berekstensi tersebut sangatlah rawan dengan virus. Mengapa demikian ? Karena ekstensi tersebut tidak memiliki enkripsi tambahan untuk data yang tersimpan di dalamnya. Lalu, saya harus bagaimana ? Agan harus membiasakan untuk menyimpan file Word ke dalam format RTF. Kenapa ke RTF ? Karena dengan menggunakan format RTF, file Word Agan akan dibenamkan sebuah enskripsi tambahan yang ampuh untuk menanggalkan virus. Apa lagi kelebihan format RTF ? Format RTF dapat dibuka di segala jenis program aplikasi Office dan segala jenis sistem operasi. Kalau format DOC atau DOCX kan ada penyetaraan versi. Contoh, file Microsoft Office Word 2013 dengan ekstensi DOC tidak akan bisa dibuka di Microsoft Office Word 2003. Kenapa demikian ? Karena ekstensi file DOC atau DOCX memiliki karakteristik berbeda-beda untuk setiap versinya. Berbeda dengan halnya ekstensi RTF. Ekstensi RTF tidak memiliki karakteristik yang berbeda dengan versi yang sebelumnya atau sesudahnya.

Bagaimana cara menyimpan file Word ke ekstensi RTF ? Baiklah, bila Agan belum tahu, berikut sedikit tutorialnya. Disini saya memakai Microsoft Office Word 2007 :

1. Buat dokumen baru atau buka file dokumen yang sudah ada


menyimpan dokumen word

2. Klik Office Button kemudian pilih Save As



3. Atur lokasi penyimpanan file. Pada bagian Save Type As, ganti dari Word Document menjadi Rich Text Format. Kemudian klik Save.



Tutorialnya memang pendek gan. Walaupun terlihat sepele, tapi itu sangatlah berpengaruh untuk mengaman file Word Agan dari virus. Bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit lah. Hehehe. . .

Demikian sedikit tutorial dari saya.
Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Nantikan update artikel saya yang selanjutnya. Sip dah :-D

Salam. . .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment