Mengamankan Komputer dari Virus dan Spyware Ala Mas Otong

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahetra untuk kita semua.

Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan Allah SWT untuk berbagi tips yang Insya Allah banyak diperlukan para pemilik komputer di seluruh dunia. Hehehe. . .

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengamankan komputer dari Virus maupun Spyware. Sebelum ke tips, saya akan memberikan sedikit definisi.
Apa itu Virus ? Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Apa itu Spyware ? Spyware adalah jenis software berbahaya yang dapat melacak pekerjaan yang anda lakukan, baik di komputer maupun di Internet dan mengirimkan informasi tersebut kepada orang yang tidak berhak mengetahuinya.

Dilihat dari definisi diatas, Virus maupun Spyware sangatlah berbahaya untuk komputer. Untuk itu dibutuhkan sebuah pencegahan nyata agar hal tersebut tidak terjadi pada komputer Agan.

Tidak usah panjang lebar lagi. Berikut beberapa tips yang dapat Agan praktekan :

1. Matikan Internet dan File Sharing Jaringan Network. Jika komputer Agan terhubung dengan jaringan lokal ataupun internet. Segera putuskan dan cabut untuk memastikan bahwa Agan benar-benar tidak terkoneksi. Terkadang Virus dan Spyware memanipulasi komputer Agan sehingga seolah-olah tidak terhubung lagi dengan jaringan luar

2. Lakukan Update dan Scan Antivirus. Langkah pertama untuk perbaikan jika Agan merasa ragu-ragu atau merasa yakin bahwa komputer Agan terserang Virus dan Spyware adalah dengan melakukan update. Update dapat dilakukan melalui download internet maupun offline jika Agan memiliki filenya dari orang lain. Setelah ter-update dengan definition yang baru maka Agan sebaiknya langsung melakukan scanning untuk segera menyingkirkan virus yang ditemukan

3. Aktif Diskusi. Ikutilah diskusi mailing list atau forum tentang keamanan komputer. Semakin Agan banyak bergabung dengan komunitas komputer, maka semakin banyak orang yang akan membantu jika Agan sedang dalam masalah. Jangan takut dan ragu untuk menanyakan masalah yang Agan hadapi biarpun masalah itu sepele

4. Format Hard Disk Jika Tidak Ada Solusi. Jika semua cara telah Agan jalani dan tidak ada yang memberikan solusi yang memuaskan, Anda dapat mengambil jalan pintas terakhir, yaitu dengan memformat ulang hard disk Agan. Pastikan data yang penting telah Agan cadangkan alias backup pada medium lain yang tidak terinfeksi virus, spyware, serta program jahat lainnya. Kemudian format hard drive Agan dan Instal OS dan program aplikasi yang biasa Agan pakai. Kemudian copy kembali file-file penting Agan pada komputer tersebut

5. Belajar dari Kesalahan. Bukalah mata Agan ketika menghadapi suatu persoalan dan pelajari dengan baik. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa persoalan yang sama akan timbul dengan kuantitas yang lebih besar. Belajar tidak hanya dari masalah Agan sendiri tetapi juga masalah orang lain. Bahkan yang Agan tidak kenal sekalipun.

Demikian kali ini yang dapat saya bagikan.
Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung
Budayakan menulis komentar untuk menjalin silahturahmi ya gan. Hehehe. . . :-)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment